Jumat, 04 Januari 2013

mengapa kulit bermasalah?




Lima Kebiasaan Penyebab Kulit Bermasalah

Wanita yang memperhatikan penampilan tentunya akan selalu merawat kulit nya, terlebih kulit pada wajahnya. Para wanita cenderung menghindari  “kulit bermasalah”, namun sebenarnya tanpa disadari cikal bakal kulit bermasalah terjadi karena kebiasaan yang kerap dilakukannya.
Kebiasan-kebiasaan yang kerap dilakukan, antara lain :
1. Membersihkan wajah di pagi hari
Jika Anda memiliki kulit kering, membersihkan wajah dengan sabun atau scrub pembersih di pagi hari justru semakin memperparah keadaan kulit. Sebaiknya gunakan air untuk membilas wajah di pagi hari dan bersihkan wajah dengan pembersih pada malam hari.
Ellem Marmur, seorang ahli bedah kosmetik dan dermatologi di Mount Sinai Medical Center, menyarankan, membilas wajah di pagi hari cukup dengan air, dan sebagai gantinya, bersihkan wajah dengan pembersih pada malam hari.
"Air cukup untuk membersihkan kulit dan akan mempertahankan kulit lebih dari minyak pelembab," ungkapnya.
2. Wajah terpapar panas
Bagi Anda yang memiliki kulit sangat sensitif oleh paparan panas, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang dapat memicu hiperpigmentasi, misalnya sauna. "Hiperpegmentasi merupakan gangguan pigmentasi kulit dimana warna kulit berubah menjadi lebih gelap terutama di daerah wajah yang sering terkena paparan sinar matahari," jelas Hema Sundaram, dokter kulit di Washington, DC.
3. Malas mengganti sarung bantal
Malas mengganti sarung bantal adalah kebiasaan yang sering dilakukan, padahal sarung bantal menjadi sarang berkumpulnya debu, kuman dan juga bakteri yang berasal dari sisa-sisa kotoran wajah. Tak ayal, meski menggunakan produk kecantikan dengan baik, jerawat masih begitu setia menghiasi wajah. Oleh karenanya segeralah ganti sarung bantal Anda setidaknya seminggu dua kali.
4. Terlambat tidur
Perlu diketahui bahwa terlambat tidur bearti kurangnya jam tidur, dan kurangnya jam tidur dapat mengikis produksi kolagen serta menghambat perbaikan kulit. akibatnya, kulit terlihat kusam, kering, dan mengeriput, Oleh karenya disarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur. Pelepasan hormom melatonin yang membuat Anda mengantuk akan difungsikan sebagai antioksidan yang mencegah proses penuaan.
5. Penggunaan Pil KB
Mengkonsumsi Pil KB secara sembarangan dapat menggangu kesehatan kulit, karena hormon yang terkandung dalam pil KB membuat sel-sel pigmen menjadi lebih sensitif terhadap matahari, sehingga kulit menjadi lebih cepat terbakar dan rapuh. Inilah diperlukannya tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dan meminimalisasi kerusakan kulit.
Sumber : www.suaramerdeka.com
05 April 2012 | 10:10 wib
Maya (CN19)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar